Monday, January 31, 2005

Fa innama al usri yusron

Memang betul, kesulitan itu membawa berkah... dan harus lewat jalan keras buat bisa bener-bener berasa
(lima "b"!) pengalamannya. Hasil dari tragedi instalasi di rumah pak Sjarif kemaren tu' gw jadi tau soal keberadaan beberapa software yang berguna buat menyelamatkan data dari hard disk yang crash.

Alkisah, setelah gagal mengoprek hard disk nya mas Sarno, itu benda gw bawa ke kost buat di cek di
"Nengiteung", kompie gw tersayang (beda jenis sayangnya 'de, jangan cemburu).

Setelah memutar sekrup berulir dibagian belakang, sisi kiri CPU Nengiteung terbuka dengan mudah. Thanks God gw beli casing yang bagus, jadi ga usah ribet ngobeng sana-sini! Yang bikir repot, kompie gw ini dah already kekurangan colokan power jadi gw harus mencabut kabel data dan power dari CD Writer gw buat dipasang di hard disk tambahan ini. Plus placing nya juga jelek, karena kabel datanya kurang panjang... tapi all in all, ga terlalu ribet.

Kemudian kompie gw nyalain. Pada awal booting up, masalahnya sama dengan di komputernya pak Sjarif, loading up nya lama... dan waktu dah masuk Windows pun, tu disk bikin response lambat nian. Yang pertama gw kejar adalah membereskan sistem data si HD biar readable. Tools yang gw pilih adalah standar nya Windows sejak versi 3.0 dulu; CHKDSK ("Checkdisk"). Tools sederhana ini berhasil membuat HD kembali terbaca setelah belasan kali scroll up layar monitor. Cuma masalahnya, semua data yang dia
temukan ternyata cuma dikonvert jadi lost clusters, jadi ga menjawab masalah karena data-data tulisan harus bisa dikembalikan! So gw delete aja semua lost clusters itu. Ternyata directory structure nya juga ga bisa di revive, dan berhasillah gw bikin kapasitas HD jadi maksimal... padahal harusnya ada sekitar 1GB data... alamakk...

Bulatlah rencana gw buat ke Ratu Plaza dan nyari CD buat ngurusin hal ginian... Rencana balik ke pa Sjarif siang itu gw batalin, dan minta dijemput sorean dengan perkiraan gw bisa beresin proses ini gak lama kl dah ada toolsnya. Hati gw lumayan riang karena TV gw dah bersuara lagi, walau sangat gak stereo... mungkin cuma pengaruh dari "antene" nya (dua meter kabel telepon bekas, yg gw gunting dari deket tangga naek waktu gak ada orang di kost).

Kepikiran deh buat sekalian ke Carrefour buat liat-liat DVD player... he he he...

Singkat kata, di Raplas gw nemu satu toko yang punya ni' software yang dimaksud, dan gw nyoba punyanya iolo berjudul "Search and Recover v.2.0". Sayangnya (walau gak buruk), dia pake sistem disket, yang
berarti setelah instalasi gw harus reboot ulang, plus pindahin HD bermasalah jadi HD master... ribet... tapi sangat make sense sih... mengingat HD yang mati total normalnya tentu gak akan bisa diakses selain dari disket kan?

So, gw nyoba produk alternatif dari iolo juga, yaitu "System Mechanic v.5.0a". Nah gw ngga tau ini the best on field or not, tapi dari semua software yang gw search sebelumnya, cuma dia ini yang menurut penjaga tokonya can do the tricks.

Pilihan laen yang gw sempet temuin adalah "Lost and Found" nya Symantec, tapi tu software cuma ada di toko CD k*****t (keparat? kuprit? kampret?) yang gak mau ngasi bon pembelian. It is said that it can recover a "bare metal" disk! Alias hard disk yang mati total! Ntar gw cari reviewnya dulu di internet, siapa tau bisa buat ngidupin HD komputer lama di kantor gw yang mati total...

So, setelah instalasi System Mechanic yang simple dan bentar, gw coba test buat baca si hard disk yang bermasalah... Eng ing eeeng... Hard disk bisa dibaca dan keliatannya ada isinya.... Dan setelah beberapa menit berjalan gw liat ternyata data yang gw cari bisa kebaca!!! Ha ha ha ha! Thanks God!

Alhamdulillah, setelah beberapa belas menit berlalu untuk proses reviving ini, data-data vital yang gw cari ternyata bisa terselamatkan dan rata-rata masih dalam bentuk utuh! Fiuhh... another mileage traveled and
experience gained. Mission accomplished! (byms)

1 comment:

  1. wah pengalaman yang menarik,kemarin saya juga mengalami masalah yang hampir mirip dimana hardisk tidak bisa booting dan masuk ke windows dan g ada pilihan sama sekali spt safe mode.terpaksa deh dibuka dengan compy lain.alhamdulillah bisa,namun partisi di C karena dibuat dua tidak bisa dibuka juga,dan walhasil harus merelakan data yang tersimpan menjadi hilang karena alternatif yang biasa digunakan simpel banget yaitu dengan melakukan format ulang dan install os baru....karena bagian/unit yang bertanggungjawab ttg masalah kompi adalah sisinfo....yah terpaksa bawa kesana dan tunggu 3 hari...katanya dijakarta bisa ngembaliin data eh mungkin dengan software yang mas bayu ini y...karena ada data dari unit SDM dari tahun 79 yang ga bisa dibuka juga krena problem HD....sptny sih dibawa ke jakarta tuh...g tahu solusinya gimana...thanks y kang bayu atas infonya.....bisa u +ilmu neh...

    ReplyDelete