Thursday, February 17, 2005

Bingung soal hape...

Lagi bingung... Niat ganti hape nyokap yang rusak ternyata berlanjut ke petualangan buat gantiin Siemens S-45 ku yang sudah heubeul. Tadinya sih mau beliin nyokap Nokia 2100, biar sama ama henpun bokap yang ilang waktu lebaran kemaren. Tapi ternyata, harga secondnya masih mahal, 650 ribu, sedangkan harga barunya ternyata cuma beda dikit; 800 ribu.

Selidik punya selidik, ternyata rata-rata henpun di pasaran cuma selisih harga antara 150 sampe 300 rebu antara second dengan baru. Lha mendingan baru dong?? Exactly.... Tapi waktu tau kalau Nokia 2100 yang baru itu harganya sampe 800 rebu, jadilah pencarian dialihkan sedikit karena saat ini di pasaran banyak henpun merek dan jenis lain dengan harga sedemikian. Waktu ngecek ke salahsatu toko di BEC (Bandung), ternyata dengan harga sedemikian, gw dah bisa dapetin Motorola C-380/C-381 yang termasuk keluaran terbaru dari Motorola. Atau, gw bisa dapetin T-230 nya Sony Ericsson (minus kamera).

Tadinya dah sip mau beli C-380, kalau nggak kemudian kepikiran cita-cita gw awalnya buat move on to PDA like phones... Emang ada bbrp PDA second yang jatuhnya sekitar 1.5 jt-an, tapi dipikir lagi, pola transport gw yang masih angkot-base bener2 ga cocok buat bawa PDA or Communicator. So, pencarian dialihkan ke alternatif lain; pokonya ada simple organizernya buat bantu ngatur jadwal dan nyatet things. Jadi pencarianpun dimulai...

Setelah diliat-liat, diantara jajaran HP baru atau agak baru yang punya spec. sesuai dan cukup bagus, adalah:

Siemens C-65
Motorola C-650
Sony Ericsson T-610

Tapi setelah tau kalau beda antara T-610 dengan T-630 itu cuma dikit, jadinya T-610 dicoret dari daftar dan digantiin ama T-630, so, listnya jadi begini:

Siemens C-65
Motorola C-650
Sony Ericsson T-630

Tadinya dah jatuh cinta ama yang Motorola, karena features nya nyaris sama ama C-65 yang bodinya rada2 look cheap. Cuma penelitian lebih lanjut ternyata mengindikasikan kalau konektivitasnya jelek... Dari beberapa review di web dibilang kalo doi buat konek harus pake kabel USB yang proprietary, plus softwarenya harus beli lagi... weks.... najis... So pandangan beralih ke C-65 dan T-630.

T-630 menang dari segi penampilan, tapi sayangnya, walaupun pake "gigibiru", memori internal doi cuma 1.8 MB. Weks... dibandingin C-65 yang pake 10MB terang aja kebanting abis. Cuma (juga), sayangnya, C-65 menurut review termasuk hape lelet, dan operasi kameranya rada ribet.

Pilihan yang ternyata lebih tepat adalah... K500i, dengan kamera VGA, organizer bagus, batere tahan lama, dan looks nice. Trus kl ga salah, dia bisa juga buat e-mail, walaupun minusnya, ga pake gigibiru.

Di saat-saat terakhir waktu browse iklan, ternyata Panasonic ngeluarin model baru yang cukup chic juga, yaitu X200 yang tipis banget. Model ini masih diselidikin karena data masih kurang, tapi dair bentuknya dah lumayan naksir, terutama karena keliatannya bisa lebih enak buat dikantongin, just like my S-45.

Untuk kelas lebih murah lagi, T-230 nya Sony Ericsson harus dicoret juga, karena kalah teknologi sama C-380, sementara menurut forumponsel.com, hape ini banyak kasus nge-hang. Yayangku nganjurin Samsung X100, dan ternyata keliatan cukup bagus, walau masih belum yakin karena denger2 doi emang menang di tampilan doang, bukan di features. Jadi klpun bakalan ngambil yang minus kamera, kayaknya bakalan milih C-380 nya Motorola.

So, gini kira-kira daftar hape yang lagi gw pelajari. Any inputs?

Dipertimbangkan:
Sony Ericsson K-500
Siemens C-65
Motorola C-380

Diperkirakan:
Panasonic X200

Kalo ada info lebih ya gapapa:
Samsung X200
Samsung X100
Motorola C-650
Sony Ericsson T-630
Sony Ericsson T-610

4 comments:

  1. bay, sebagai pengguna T630, gue sarankan lo buang jauh2 itu HP dari list, dengan alasan:
    1. Harganya jatoh lebih cepet daripada harga diri orang Indonesia (loh kok jadi politis). Gue beli pertengahan 2004 dengan harga 2.6, dan dalam tempo 6 bulan aja dia udah menyamai harga T610, 1,8 juta. Secara prinsip beda t630 dan t610 cuma di display doang, 630 pake layar TFT, 610 TFD (whatever it means).
    2. Kalo lo biasa pake HP siemens seri 45 yang badak itu, begitu pake T630 pasti bakal mikir "nih HP manja banget sih!!!" Gue juga sebelum ini pake m3 45, yang sampe hari ini udah jatuh lebih dari 5 kali, beberapa kali di antaranya bahkan sampe lepas gitu tutup batrenya, tapi tetep nyala dengan setianya. Pernah ketumpahan kopi susu segelas penuh juga. Sementara si 630 dungu ini, jangankan jatuh, dipake nelepon saat lagi keringetan aja langsung heng kemasukan keringet! Dan gue harus bayar 120 rb perak krn garansi nggak mengcover kerusakan akibat air.
    3. Lemot. Kalo memorinya yang cekak itu udah 75% keisi, lo mau buka sms aja bisa ditinggal masak indomi dulu kali. Lamaaaaaa... banget.
    4. Kameranya jereng. Mungkin teknologi kameranya khusus untuk motret kembang atau buah2an, pokoknya benda2 tak bergerak deh. sebab kalo lo pake motret orang dan orangnya bergeser 1 sentiii aja, langsung ancur deh gambarnya.

    Tadinya yang gue taksir tuh siemens M65, adiknya ME 45 gue. Tapi harganya nggak turun2, dan kelemahan lainnya: ngga ada bluetooth.

    ReplyDelete
  2. Wha ha ha ha... makasih infonya Gung, akan saya perhatiken dengan serius! Berarti T-630 dicoret dari daftar.... Kecuali ada yang mau ngasi gratis? Anyone?...

    ReplyDelete
  3. Great! Keliatannya ini generasi terbaru setelah "Blue Tooth", namanya "Ear Fungus". He he he

    ReplyDelete