Saturday, January 29, 2005

Cemara 6 Gallery & Cafe Jakarta

Rating:★★★
Category:Restaurants
Cuisine: European
Location:Jl. Cemara No.6, Jakarta
Dulu pernah sekali kesini karena nyasar, nyangka kalau "Art & Curio" yang ngetop itu adalah tempat ini. Harap maklum, masa-masa itu masih baru merambah Jakarta jadi wawasan masih kurang.

But anyway, pengalaman dulu tu cukup berkesan, karena makanan yang ditawarkan gak mahal plus rasanya cukup oke. So, berbekal pengalaman ini, kemaren malem gw nyaranin Mamih, temen kuliah gw, buat ngumpul disini aja sekalian jajal ulang. Jadilah gw, Ade, Mamih, Ira "Paltok", dan Toni ketemuan disini buat reuni kecil.

Tempatnya masih seperti dulu, ada taman dengan pendopo di bagian belakang, dengan udara terbuka dan suasana yang rustic, antik. Bedanya, di lorong masuk kearah belakang itu sekarang dikasi pintu kaca plus AC, so ada pilihan selain udara luar plus kipas angin. Diluar sebenernya agak panas, tapi ketolong sama kipas angin gede yang tergantung di langit-langit. Ati-ati aja masuk angin...

Sayangnya mereka masih ga nerima pembayaran pake kartu. Hari gini gitu lho... Plus pelayanan masih kurang baik, kurang assertive, kurang pengalaman, ama kurang orang! Bayangin aja, semaleman itu kita cuma liat mas-mas yang sama mondar-mandir sana-sini ngelayanin beberapa grup tamu. Untungnya semalem emang gak terlalu rame, jadi masih bisa perform service dengan kualitas average. Pelayanan disini gak berarti pelayannya gak sopan, tetep murah senyum dan penyabar koq, cuma kadang gak nyambung... seperti waktu kita bilang mau order lagi, dia malah ngangguk dan ngabur ke dapur, nyiapin main courses yang kita pesen, padahal masih ada yang belun order... things like that lah.

Dari segi makanan, Chicken Wings yang kita pesen kemaren hadir dengan salah kaprah. Lima potong sayap ini datang bergelimang saus, tapi kita gak dikasi alat makan. Padahal kalo mengikut tata makan Barat, kita ga boleh pake tangan untuk makan hidangan yang bakalan bikin kotor tangan. Tapi dari segi rasa sih ternyata oke, walau daging ayamnya agak keras, tapi sausnya... hmm... rasanya paduan antara asam manis plus pedas dari lada hitam yang mantep. Walhasil bumbu nya gw abisin sampe ke tetesan terakhir!

Tapi Calamarinya cuma dikasi 4.5 sama Mamih, sementara gw kasih 7. Kering dan kenyal kulitnya juga agak keras, tapi bumbunya berasa. Gw nilai 7 karena masih edible dan taste agak good, sedangkan menurut mamih, no excuse!

Btw, hidangan utama disini itu steak-steak an. Dengan harga antara 40 - 50 ribu, terdapat sedikit pilihan steak yang mungkin bakalan cepet bikin bosen kl keseringan dijajal. Diantara steak-steak tersebut kemaren kita nyoba tiga macem; Tenderloin, Hungarian, ama Chateau Briand with Champignon. Yang terakhir ini ternyata rasanya paling top! Gurih meresap kedalem plus saus yang komplementer. Setelah itu menyusul Tenderloin di posisi kedua dari segi rasa, tapi kalau dari segi unik nomer duanya tentu Hungarian dengan saus agak pedas, dan dua macem kentang. Sayangnya Hungarian ini rasa dagingnya agak bland... mirip kornet kurang bumbu...

Kejutan terakhir datang dari menu Kakap Fillet yang ternyata hadir dengan saus krim keju yang gurihhh banget!!! Sampe-sampe setelah Ira beres makan, mamih ama gw masih tekun menambang sisa-sisa saus yang ada... he he he...

All in all, not bad! Walau beberapa menu kosong, dan ada menu-menu yang bisa dianggap blunder (misalnya Calamari). Sayang saja servisnya kurang profesional, sampe-sampe di bon aja mereka gak nyantumin alamat or nomer telepon, or even nama! Kartu nama juga gak punya! Lha gimana kalo kita mau refer ke temen??

1 comment:

  1. gue pernah juga makan di sini, konon managementnya sama dengan art & curio resto yang ada di deket jembatan kereta gondangdia. style makanan tempo dulu cocok buat yang mau nostalgia:-)

    ReplyDelete