Tuesday, January 18, 2005

Nostalgia masa awal kerja di Jakarta (2000)

Sama seperti Ida, pengalaman gw pertama di Jakarta juga banyak dihiasi dengan kekaguman atas dinamika per-angkot-an disini. Tapi yang lebih awal lagi, ya tentunya soal hari pertama pindah ke Jakarta dong...

Jadi inget masa pertama kerja dulu... Dengan pedenya dari Gambir gw langsung dateng ke kantor hari Minggu siang, nitip koper di Satpam lalu mulai nyari kost di sekeliling kantor. Pertimbangan gw, daerah sini konon banyak tempat kost. Dan dengan lokasi yang deket ama kantor, gw nggakan ada masalah ama transport. Plus dengan bakalan banyak lembur, so ga guna juga nyari tempat yang cukup nyaman, toh sekedar cukup buat numpang mandi dan bobo-bobo dikit aja gitu lho... lagian tiap weekend masih rutin mudik buat nyuci baju.

Alhamdulillah setelah sekian jam hampir putus asa bolak balik menyusur gang demi gang diseputar Jl. Tambak dan Jl. Proklamasi, gw nemu tempat yang cukup cosy, dengan lingkungan yang cukup beradab (nggak ada tatapan mata penuh curiga, ato sisa-sisa botol bir berserakan). In fact, tempatnya sepi, entah kenapa, padahal kost di tempat laen selalu full-house.

Yang jaga kost awalnya jual mahal, mana namanya aneh pula... later ketauan kalo dia orang Nias, makanya namanya kedenger asing. Nias?.. Ya, ternyata di lingkungan gw ini banyak terdapat komunitas orang rantau... baik itu Manado, Ambon, Timor, Flores, ampe urang Garut!

Tapi setelah dia tanya gw lulusan mana dan kerja dimana ("ITB", "Tempo"), mendadak sifatnya berubah 145 derajat (berubah drastis tapi tetep norak -- yang terakhir ini bawaan orok kayaknya). So, ga jadi nginep di sodara malem itu, karena ternyata Alhamdulillah dah dapet kost.

Seiring minggu berlalu, baru gw tau kalau ternyata daerah yang gw tempati itu adalah kompleks Polisi, plus daerah bandar narkoba, plus daerah rawan tawuran (minimal seminggu sekali), baik antar kampung, atau antar anak sekolah yang nganggap pertigaan Proklamasi tempat strategis buat adu jotos... dan masa-masa itu (2000) sedang ricuh masalah tawuran komplesk AD di Berlan yang melibatkan senjata api dan anak panah, selain samurai dan parang... Alamak.....

Sering dulu kalau ada tawuran, gw ama temen2 kreatif dari lantai tiga, naek ke atep gedung Tempo dan nonton orang kejar-kejaran di pertigaan Tambak - Proklamasi. Waktu kebakaran di Berlan juga kita ngopi-ngopi diatas sambil nonton api di kejauhan... sambil beberapa dari kita nyumpahin hotel mesum disitu buat kebakar ampe angus...

Tapi yah, karena 99% waktu gw pulang ke kost adalah lewat tengah malem, atau pagi-pagi sesudah Subuh, jadi gak banyak pengalaman aneh di jalan. Lagian... ngapain pulang ke kost kl di kantor ada internet 24 jam ama TV satelit?

Seiring waktu berjalan dan gw terlibat ulang dengan temen-temen kampus yang ada di Jakarta, mulailah muncul masalah kedua; transport.

Jaman awal dulu, dari kantor ke PIM aja bingung harus pake apaan. Masa-masa rookie itu dihiasi dengan banyaknya naek taxi Blue Bird kesana kemari, walau budget sebenernya cuma buat Metromini.

Tapi ternyata masalah ini berangsur-angsur tertanggulangi dengan makin seringnya gw kepaksa naek angkot karena ga punya duit... Dan ternyata sistim angkot di Jakarta lebih jelas dan reliable... Kita tinggal nyari daerah penting di sekitar alamat yang kita tuju buat nentuin trayek bis yang harus kita pake (misalnya "Blok M", "Kp. Melayu", "Senen", dll.), sebelum akhirnya meneruskan dengan angkot level lebih kroco (mikrolet/bajaj/ojek).

Masa-masa awal ini juga dihiasi dengan "financial-shock" saat melihat daftar menu di cafe-cafe tempat anak-anak kampus biasa ngumpul... "Hah? Coca Cola sebotol 10 rebu??? Itu kan bisa makan siang tiga kali di kantin Salman???"...

Tapi lepas dari masalah "Jakarta" nya, masa-masa kost adalah masa gw mulai bener-bener mikir dan "do something"... Karena disini gw ga bisa ngandelin orang rumah or sodara or even temen buat ngejaga diri gw... semuanya harus bisa dihandle sendiri. Ga punya duit? Ya ga makan... Sakit? Ya ke dokter sendiri... Bete? Ya cheer up on ur own... Ada masalah? Ya adepin sendiri... Menyakitkan sih... but that's life... dan justru karena tuntutan inilah gw ngerasa skill gw meningkat...

Next... dinamika perjalanan pake angkot di Jakarta... (byms)

1 comment:

  1. Tahu banget perasaan loe. Tahu bener-bener tahu plus plus.

    Apalagi kalau udah beda timezone sampain 6-12 jam. Tanpa bermaksud merendahkan pengalaman loe ya, tapi selama masih di negeri sendiri masih lebih enak dan gak ada apa-apanya kok. Bersyukurlah =)

    ReplyDelete