Sunday, January 30, 2005

Seribujuta Topan Badai !!!

Ajegilee.. bujubunee... lumba-lumba! Tadinya besok mo istirahat ambil nyiapin bahan presentasi ke klien baru, malah harus balik lagi ke pak Sjarif.

Alkisah, beberapa bulan lalu gw dah beres belanja buat upgrade salahsatu komputernya pak Sjarif, tapi baru hari ini gw bisa kesono and do the work. Si Boss sendiri hari ini sibuk banget, harus beresin terjemahan dari material yang menurut dia luar biasa... ngeselin.

"Masa, ada kalimat ampe 70 kata???" Gitu protes beliau... Heh... ya wis... toh aku jadi bisa kalem kerja, daripada ngobrol terus ama boss yang gak akan ada abisnya...

So dengan optimis gw bongkar komputer kedua ini... let's say namanya "Gubi"... Sebelumnya gw bongkar dulu "Lorie" buat mindahin VGA card dia yang kalah canggih ama yang gw beli baru ini. Instalasinya smooth abis, sampe-sampe ga perlu install driver baru karena si Win-XP nya dah punya yang kompatibel ama ni model. Si Gubi lalu gw plug in tambahan 256 MB SD RAM, plus VGA card pindahan dari Lorie... Waktu start-up, gw cek VGA, lalu gw cek jumlah memori... lalu...... eh....... lho koq?....

Cepet-cepet gw restart komputer buat nangkep data soal jumlah memori ini... Ternyata yang kedisplay di monitor, cuma 128 MB, bukannya 256 MB... lha?!?.... Nah itu tu kurang dikit dari jam 4 sore, dan mood gw masih baek banget... apalagi pagi ini TV gw dah idup lagi suaranya setelah dibenerin. Rupanya masalah terletak di speaker, bukan di chip audionya seperti yang mas Heri suggest taun lalu (janji mo benerin lagi
tapi ga muncul-muncul).

Setelah gw coba beragam konfigurasi dan kombinasi, akhirnya gw nyerah pada konfigurasi 3X64 MB, karena keliatannya si DFI K-70 ini gak bisa detect memori lebih dari 128 MB di slotnya, karena waktu gw pindahin punyanya Lorie, tetep sama kasusnya. Dasar ladu...

In between, gw sempet juga install driver baru buat si VGA card baru ini. Tapi anehnya, tiap kali mau masuk Windows environment displaynya garbled. Berulangkali dicoba tetep sama... even setelah diobah lewat
"Safe Mode" or "Enable VGA", tetep ga bisa beres!!! $^@#%!!!

Gw pindah lagi lah ke display lamanya, PCI 8 MB... Eh ternyata lancar... walah... koq gini? Display ini kan bisa nyala di Lorie?... Karena terdesak target, gw mikir kali aja kl environmentnya Win XP bisa
nerima dia dengan baek, so, gw mulai lagi ganti VGA card nya. Ternyata?.... Wrong choice!

Kegagalan demi kegagalan akhirnya berujung di system crash, dan HD yang undetected, sementara isinya gak gw backup!!!

[insert maki-makian here]

...

[and here]

Waktu coba di retrieve di Lorie pun, ni HD ga kooperatif sama sekali... yang ada gw abis waktu 20 menitan cuma buat startup dan masuk ke Win XP... itupun tanpa bisa ngapa-ngapain setelahnya.... dan itu tuh
terjadinya gak lama berselang, sekitar jam 10 malem!!! Brengsek!

Rencana bakalan beres cuma dua jam dan balik Maghrib, trus nyantei, jadinya prolonged visit dan harus revisit juga! Aaaaarrgggghhhh!!!!! This is the part of the business that I hate! Serasa jadi orang purba
ngadepin kalkulator... dunno what to do though u've spent hours to find a way!

Makanya nih, despite all the things I got to do dan all the fun I can suppose have at my room (DVDs, TV, whatever) gw milih buat browse dulu dan mam indomie goreng... bae ah njir, da keur garing, paduli
teuing.... I need a reeeeeeesssssstttttttt !!!!! Huaaaaaaaa !!!! Capeeeeeeeee !!!

Tadinya mo nyari duit gampang... malah dapet utang... =( Teledorrssssss!!! (byms)

No comments:

Post a Comment