Monday, January 10, 2005

The Grudge (Korea) - movie review


Rating:★★★
Category:Movies
Genre: Horror
Film ini merupakan film horror Asia generasi baru, yang juga dibuat ulang oleh sineas Barat, mencoba mengikuti jejak sukses "The Ring". The Grudge yang aslinya bertajuk judul "Ju-On: The Grudge" berkisah mengenai sebuah rumah terkutuk yang dihuni oleh setan (setan, bukan sekedar arwah) yang terlahir akibat aksi pembunuhan yang terjadi sebelumnya.

Setan ini mulai beraksi dari menit pertama dalam mencari mangsa, dengan cara yang cukup membuat deg-degan. Banyak tampilan wanita bermuka pucat disini, plus tubuh yang merangkak-rangkak dan mendekati kita (penonton) dengan perlahan tapi pasti. Film mengandalkan ketegangan dengan memperpanjang moment of suspense, memberi clue sedikit-sedikit, yang tokoh cerita ikuti dengan antusias, walau dalam hati kita dah tereak-tereak ngasi tau dia supaya jangan kesana... Pengambilan gambar cukup mencurigakan, banyak frame yang memungkinkan munculnya "sesuatu" dilatar belakang, suara yang seringkali hening tapi menyimpan ketegangan. Film juga seringkali memperlihatkan penonton, mengenai apa yang tokoh di film tidak ketahui.

Pikiran ini secara tak sadar juga mengasosiasikan kejadian di film dengan kejadian di dunia nyata... misalnya waktu lagi sendirian di rumah tiba-tiba ada suara dari loteng... Atau waktu lagi mandi koq ngerasa ada yang nemenin... dll., resep horror Jepang yang terbukti cukup bikin merinding... imajinasi kita disuruh untuk mereka-reka sendiri kengerian yang akan dimunculkan, lalu kengerian itu diberi nama... atau tepatnya muka...

Secara logis, no way! banyak hal yang ga reasonable, bahkan untuk logika film hantu... tapi secara visual, cukup membius... terutama karena faktor sadistis nya.

No comments:

Post a Comment