Tuesday, January 18, 2005

Dinamika Transport Jakarta

"Bay, ceuk si Ugi, mun rek neangan VCD mah di Glodok!" kata temenku yang sama-sama kreatif. Kalau diterjemahkan kurang lebih, "kata Ugi, kalau mau nyari VCD sih ke Glodok".

Informasi yang berbuntut pada pengalaman gw naek KA Jabotabek pertama kalinya, setelah sekian taun cuma bisa liat di layar kaca.

Eh kilas balik dulu dikit...

Iparku dari Batam berniat buat mengunjungi Jakarta, dan gw harus jemput doi di pelabuhan Tanjung Priok! Alamak... Denger-denger dari orang disini, itu tu daerah sangat rawan plus banyak preman.... Level sangar nya lebih tinggi daripada terminal Blok M atau Kp. Melayu....Mendadak gw ngerasa bakalan bagai anak kucing di tengah pasar...

Berbekal informasi mengenai rute bis dari temen, dan tinjauan peta gede di ruang rapat, gw berangkat menuju daerah notorious ini dengan agak deg-degan. But well... pasti ada saat pertama buat apapun kan?

Alhamdulillah perjalanan kesana lancar... dan gw berhasil nganter iparku sampe Gambir buat langsung ke Bandung. Dari Gambir balik ke kantor pake Bajaj. Waktu itu masih belum hapal jalan.

Kembali ke topik awal, perjalanan pertama pake KA Jabotabek dihiasi dengan waswas dan pandangan penuh curiga atas situasi sekeliling. Walaupun saat itu gw dah belajar sedikit banyak mengenai sikap yang penting ditunjukkin diatas kendaraan angkutan massal macem gini; berpakaian sederhana, perlindungan maksimal pada barang bawaan, jangan menempatkan diri di lokasi yang mudah dijepit, dan JANGAN pernah nunjukkin wajah innocent atau wajah mirip anak anjing yang lugu... Di angkot Jakarta banyak serigala, cuma sedikit manusianya...

Yah singkat kata perjalanan KA ini jadi agenda rutin tiap akhir minggu. Diatas KA ternyata cukup nyaman kalau sedang kosong. Hiburannya beragam, dan yang paling memukau adalah Big Band dengan personel sampai enam orang, terdiri dari perkusi, bas betot (segede orang), vokalis, dua orang gitaris, satu orang basis, dan kadang gitarisnya pake gitar ber amplifier! Terlebih lagi mereka maen gak dengan iseng. Poll abis! Selain dari hiburan jenis ini, banyak juga hiburan lain yang lebih bikin miris, diantaranya penyanyi buta yang gendong mic ama tape, orang cacat ngamen pake kecapi atau suling, dan tentunya beragam jenis pengemis lainnya.

Eh btw, bicara soal pengemis, Ida nyinggung soal pengemis yang bagi-bagiin amplop dan terkesan sopan, menjaga privasi... Itu sebenernya ga gitu asalnya... Setauku dulu pertama kali liat pengamen macem ginian adalah dari genre pengamen anak-anak...

Dengan wajah innocent tapi tabah, dia bagiin amplop-amplop ke penumpang yang bingung koq malah dikasi amplop ama pengamen... Ternyata di sampul amplop-amplop tersebut terdapat tulisan tangan berbeda dari mereka yang kurang mampu dan memohon keridhoan kita buat menyumbang mereka demi keperluan sekolah. Tentu aja banyak diantara kita yang terenyuh dan terus nyumbang. Waktu anak kecil itu turun dari bis pun kita memandang dengan haru dan nanar...

Perubahan terjadi ketika pada hari-hari berikutnya pengamen semacem ini jadi merebak... dan gw jadi berpikir "oh, jadi trend baru toh?"... dan kadang masih suka nyumbang... walau gw ngga setuju anak-anak ini jadi plagiator...

Hingga akhirnya hanya dalam hitungan hari setelah hari pertama muncul trend macem ginian, gw menerima amplop dengan tulisan yang di fotokopi!!!

(masukan sound effect dari salahsatu film Warkop disini)

Jadinya malah terbersit serangkaian pertanyaan dikepala gw... "Lho koq jadi industrialis?", "kl adek ga punya duit, koq masih punya uang buat motokopi?","emang adek ada yang ngorganisir ya?", dan laen-laen...

Seketika itu juga gw ilfeel dan kembali mengelompokkan mereka kepada sekedar pengamen industrialis, yang secara sistematis dan terorganisir berusaha mencari uang dengan memanipulir perasaan penumpang.

Kembali ke soal transport, perubahan berarti terjadi ketika akhirnya gw pindah kantor setelah bercokol di Tempo hanya 4 bulan saja. Kantor gw berikutnya ini terletak di kawasan Kuningan, yang ternyata bisa ditempuh pake S-66 dari Manggarai dengan mudah.

Namun walaupun mudah, di kantor ini gw jadi teringat pesan teman-teman yang wanti-wanti kalau sampe kepaksa kerja di perusahaan punya India.... "Rasis banget" gw pikir... tapi ternyata pengalaman pertama gw tersebut berakhir buruk...

Disono, sebagai web desainer yang bekerja dibawah web programmer, gw ditempatin di meja lurus bertiga, tanpa laci, dan komputer buat gw kerja adalah komputer Pentium I (padahal dah jamannya Pentium III), monitor 14" (di Tempo gw pake 17"), tanpa referensi buku (di Tempo ada PERPUSTAKAAN!), tanpa akses telepon, tanpa akses internet (doh!), dan gaji yang ternyata masih dipertimbangkan, dan ditawar (setelah mereka sebelumnya agree). Jadinya cuma butuh waktu dua hari buat gw nelpon Victor (waktu itu belon jadi suaminya Lala), dan bertanya...

"Vic, lowongan ditempat elo masih ada?"
"Hah, bukannya elo dah dapet kerjaan?"
"Mmm... pengen tau aja sih" (kekekekekek)
"Ooo ya udah, dateng aja kesini ketemu MAHAR, bawa porto elo"
"Ooo, oke, tengkyu ya?!"

Sore itupun gw berangkat ke kantor Victor yang ternyata tempatnya cool banget, dan lokasinya di Sudirman yang emh... elit... he he he.

Kepada penerima tamu gw bertanya...
"Bisa ketemu dengan pak HARMAN?", yang mana disambut dengan kerut kening mbak sekretaris tsb.

Langsung deh gw tau gw salah sebut nama, tapi blank ga inget siapa nama yang harus ge sebut... pokonya familiar gitulah tapi rada unik...

Setelah gw jelaskan maksud kedatangan gw, barulah mbak sekre mengkoreksi nama ybs dan menyuruh gw nunggu disitu.

Jack kemudian muncul dan meminta gw masuk ruang direksi buat mempresentasikan portofolio gw sama dia dan Mahar, yang mana ternyata berkenan sangat baik di hati mereka.

Ajegile! (Ade pasti ngambek kalo tau aku pake kata-kata ini), setelah presentasi portofolio, Jack langsung bicara soal rincian gaji gw, dan nanya kapan gw bisa masuk kerja, yang mana bikin gw shock mengingat proses penerimaan karyawan di Astra yang sampe TIGA BULAN (gagal pula), lalu di Tempo dengan psikotest dan tes kesehatan dan wawancara yang semuanya juga nyampe TIGA BULAN, dan di kantor Kuningan yang harus melalui tiga kali wawancara. Sedangkan disini, ditanya ijazah aja nggak!

Tapi gw masih berusaha sadar diri dan bilang kl gw akan kontak balik mereka soon... dan Jack menerima ini dengan baik, yang mana bikin gw malah makin nambah respect ama kantor ini.

So, setelah akhirnya gw ngabarin mereka esok harinya soal kebersediaan gw, gw pun meninggalkan (kabur, tepatnya) kantor di Kuningan yang namanya tak pernah gw cantumin dalam CV gw tersebut, setelah bekerja selama tiga hari saja. He he he...

Eh?! Kan lagi ngobrolin transport bukan?

3 comments:

  1. Jangan khawatir.... kan ceritanya belon beres... liat aja film "21 Grams" diawal agak bikin bingung, lama-lama makin akhir kan makin.... pusing... he he he.

    ReplyDelete