Wednesday, September 1, 2004

Troy - movie review

Rating:★★★★
Category:Movies
Genre: Action & Adventure
'Troy' berkisah mengenai peperangan dahsyat di era Yunani kuno, saat pasukan Kerajaan Troy harus berhadapan dengan pasukan Mycenae yang menyerang dengan dibawa oleh seribu kapal laut.

Troy adalah suatu kerajaan besar yang mampu bertahan dari berkali-kali gempuran kerajaan musuh, termasuk dari Agamemnon raja diraja Mycenaean, yang saat itu nyaris menguasai seluruh daratan Yunani kuno.

Permusuhan antara Troy dengan Sparta, salah satu kerajaan Yunani, berakhir ketika Hector, putra mahkota Troy, berhasil merintis perdamaian dengan Menelius, Raja Sparta. Usaha ini merupakan usaha yang dirintis oleh ayahnya yang telah tua, sejak beberapa tahun sebelumnya.

Namun kemudian tragedi terjadi saat Paris, adik Hector, ternyata membawa kabur Helena sang Ratu Sparta, untuk bersanding dengannya di Troy. Hector yang kesal atas tindakan bodoh adiknya ini tetap berusaha untuk melindunginya, walau dengan resiko bahwa perdamaian yang ia ciptakan menjadi gagal, dan kedua negara akan terlibat dalam peperangan.

Menelius yang sangat berang lalu meminta bantuan saudaranya Agamemnon, untuk memberi pelajaran pada Paris, dan Troy. Agamemnon menyambut baik permintaan saudaranya ini karena ia pun memiliki agenda tersendiri untuk menuntaskan cita-citanya menyatukan daratan Yunani.

Maka berangkatlah pasukan Yunani dengan kekuatan yang sangat besar, untuk meruntuhkan kerajaan Troy, yang hingga saat itu tidak pernah bisa ditaklukkan.

Selain dari puluhan ribu pasukan, dari pihak Yunani terdapat juga seorang jagoan tempur bernama Achilles, yang tidak pernah terkalahkan dalam setiap medan pertempuran. Achilles berwatak keras, dan tinggi hati, dan walaupun ia berada di bawah naungan Agamemnon, sang raja diraja, Achilles tidak pernah merasa tunduk dan tidak pernah mau diatur, ia bertempur semata-mata demi ego nya untuk tercatat dalam sejarah.

Dari pihak Troy terdapat Hector, putra mahkota yang baik, bijak, dan juga terampil bertempur. Hector inilah penerus tahta kerajaan, sekaligus kunci dari pertahanan kota Troy dalam melawan gempuran pasukan musuh dari waktu ke waktu.

Bagaimanakah jadinya ketika dua kekuatan ini bertemu?

Karena saya tidak pernah membaca kisah legenda mengenai Troy maka saya tidak bisa mengomentari mengenai kesesuaian film ini dengan sejarah. Yang saya tahu Helen of Troy itu seharusnya adalah wanita yang sangat cantik sehingga sanggup memicu prahara sedemikian besarnya. Di lain pihak dari film ini saya berpendapat kalau Helen sungguhlah bodoh dan tidak memiliki sifat patriotisme. Untuk wanita dengan posisi sedemikian tinggi, ia melakukan tindakan yang sangat tidak pantas.

Namun secara keseluruhan film ini merupakan salah satu film kolosal yang megah, dengan adegan pertempuran yang rumit, dahsyat, dan karakter-karakter utama cerita yang dimainkan dengan cukup baik. Pemain-pemain film ini termasuk Brad Pitt sebagai Achilles, dan Eric Bana sebagai Hector, bermain dengan cukup prima. Kita akan merasa kagum sekaligus kesal pada Achilles, dan merasa bersimpati pada Hector. Teknik-teknik pertempuran pasukan masa itu juga digambarkan dengan unik, dan cukup cerdik. Ditambah dengan iringan musik yang cukup membuat merinding, film ini akan merupakan hiburan yang layak untuk ditukar dengan sebagian waktu anda.

Also posted on pintunet

No comments:

Post a Comment