Thursday, September 2, 2004

Budaya Ketersinggungan



Mungkin kita sebel kalau ngadepin orang yang apa-apa dianggap sebagai hal yang menyinggung, padahal kita ngga ada maksud demikian.

Sayangnya yang kayak gini itu banyak, misalnya sopir taksi yang saya naiki bbrp malem lalu. Dia ngambek karena seorang calon penumpang nyetop, tapi tidak jadi naek begitu liat taksinya bukan taksi pilihan. Jadinya lalu jelek-jelekin Blue Bird, dan berani bertaruh kalau armada BB sebenernya banyak yang bobrok, pake "argo kuda", dan laen-laen. Dia bener-bener teguh dalam pendiriannya, sampe berani nurunin penumpang yang ngga setuju sama pandangan dia... Hebat...

Padahal dari sisi penumpang, banyak alasan kenapa kita milih-milih taksi, diantaranya karena buat transport kita dikasi voucher Blue Bird sama kantor, instead of hard cash, yang berarti kita mau ga mau harus naek BB.

Mungkin si pak supir jadi begini karena tekanan batin ngeliat armada BB makin merajai jalanan dengan 10.000 lebih unit taksi (14 pool X 800an mobil). Jadinya dia sampe pada logic bahwa dia adalah pihak yang tertekan dan tertindas, dan menganggap orang yang pake BB adalah orang yang keji dan penindas... Logic yang nyambung sih, cuma tidak benar.

Tapi kalau diperhatiin, hal-hal begini biasanya muncul dari rasa nggak percaya diri, dan rendah diri... kepercayaan yang salah bahwa dia ngerasa ngga punya cukup potensi untuk bisa berdiri dengan tegak, dan bahwa orang selalu mengolok-olok dia atau berusaha mengejek dia. Jadinya... karena mindset nya begini, apapun yang dia hadepin selalu akan dihadapkan dulu dengan ketersinggungan. Kalau menurut dia ada unsur-unsur dari tindakan/perkataan orang lain yang bisa dianggap menyinggung dia, berarti logika dia benar adanya!

Sayangnya dengan pola pikir semacam ini, banyak sekali hal yang bisa bikin kita jadi tersinggung. Karena semua omongan, semua kejadian, bisa jadi menyinggung... asal kita nemu koneksi yang tepat!

Ujan pas perlu ke kantor cepet-cepet, bikin kita tersinggung sama Allah karena kayaknya Allah ga pernah mau ngerti kita...

Pas mau buang aer WC nya dipake, bikin kita tersinggung sama yang ada didalem WC karena kita ngganggep dia ga ngutamain "kepentingan umum".

Komputer nge-hang pas ada kerjaan penting kita anggep sebagai konspirasi pedagang elektronik + petugas PLN + Tuhan buat ngegagalin kerjaan kita, yang ga mau liat kita maju.

Orang punya badan bagus trus keliatan cakep, bikin kita tersinggung karena ngerasa dia pamer sama kita yang rada buncit dan ga bagus didandanin...

Orang mo nraktir makan dianggap menghina karena kita nganggep dia nganggep kita ga punya duit

Orang cerita soal pengalaman yang indah semalem kita anggep nyinggung karena kita ga punya pengalaman indah semalem

Illogis? Teliti dulu deh kedalem diri sendiri dulu... jangan-jangan kita juga termasuk orang-orang sedemikian!

Hayooo, tersinggung karena dituduh mudah tersinggung??! =P

Begitulah yang namanya ego sama emosi... kalau diturut pasti otak ga jernih lagi

Saya sendiri secara natural menghindari konflik, apalagi yang ngga perlu. Tapi kadang saya juga takut buat menyinggung, jadi kadang reaksi pun sangat artifisial.

Tapi kadang kalau saya yakin mana yang bener, ya tancep gas aja, peduli amet... Kita ga bermaksud menyinggung koq, karena emang nggak. (bay)

No comments:

Post a Comment