Tuesday, September 28, 2004

The Barbarian Invasion - movie review

Rating:★★★★
Category:Movies
Genre: Drama
Judul film ini tertangkap radar seleksi ketika saya sedang berjalan-jalan ke imdb.com untuk menyusun daftar film-film unggulan. Daftar ini sekiranya akan saya pakai untuk panduan membeli DVD bajakan di ITC Ambas...

Walaupun sudah kebeli, film ini sempat nongkrong lama di tumpukan koleksi DVD, tanpa ada niat saya buat nonton... Terutama karena genre nya drama, yang identik sama boring.

(Ngapain dulu dibeli dong yah?!)

Tapi karena semalam baru recover dari syok dan butuh refreshing, akhirnya film ini masuk hitungan juga karena konon berkisah soal cinta... Keliatannya bakalan lebih menghibur dibandingin film-filmnya Akira Kurosawa yang filosofis sekali.

Oke... 'nuff said

Film ini dibuka dengan penggambaran mengenai salahsatu tokoh utama cerita yang sedang memantau pergerakan bursa saham di London, Inggris. Harap diperhatikan juga kalau film ini bukan film Inggris atau Hollywood, tapi film Perancis... Jadi sepanjang film, 99% dialognya dalam bahasa Perancis.

Namun ternyata walaupun penggambarannya sederhana, di film ini kita dipaksa untuk berkenalan dengan karakter-karakter manusia yang menarik... Manusia dalam kesehariannya yang terlihat plain tapi mengundang rasa ingin tahu....

Ada ayah yang sedang sakit berat dan mendekati ajal.... ada mantan isteri... mantan pacar... anak yang bermusuhan... anak yang melaut... teman akrab... kisah masa silam... kenakalan orang dewasa... pecandu heroin... wakil sindikat buruh rumah sakit... suster yang kurang tahu sejarah... dll. Kisah soal kemarahan... cinta... pengorbanan... dan penyadaran...

Secara nggak sadar filmnya menghanyutkan... dan cukup menyentuh... makanya berhasil saya tonton sampai selesai dan saya anggap bagus...

Walaupun isyu-isyu yang dibahas akan nggak cocok dengan paham kita Orang Timur. Just be wise lah, soalnya film ini banyak mengungkap pola pikir dan pandangan hidup yang menarik...

5 comments:

  1. Film ini menang Oscar tahun lalu untuk kategori Best Foreign Language, mustinya nggak bakal nyesel nonton film ini. Coba lihat cara seorang bapak menghadapi kehidupan dengan elegan. Bagaimana seorang anak menghadapi kematiannya orang tuanya. Asyik, asyik sekali.

    ReplyDelete
  2. Ada, ada film bintang baru Topher Grace, meskipun dia bintang pria(biasanya gue lebih suka aktris cewe lah), surprisingly bagus-bagus, ada "p.s", ada "In A Good Company", ada " Win A Date with Ted Hamilton".

    Nah kalo yang non Hollywood, lihat "L' Appartement" Monica Belluci(Hollywoodnya jadi Wicker Park). Oya BTW festival film Prancisnya udah lewat belum ya? Hmm sayang kalo belum nonton.

    ReplyDelete
  3. Oh... L'Appartment bagus? Ntar gw cari dvdnya... kl yang Topher Grace gw gak ngeh euy.... dah lo review lon?

    ReplyDelete
  4. Nanti gue review deh kalo sempet.

    ReplyDelete