Wednesday, May 11, 2005

Akhirnya tiga hari persiapan kick-off meeting proyek World Bank nan sibuk usai juga

Tuntaslah rangkaian tiga hari yang hectic dalam persiapan Kick-Off meeting proyek World Bank ini.

Pagi tadi, gw dateng telat karena bangun telat karena tidur telat. Baru merem abis subuh gitu... itupun karena
tengah malemnya kebangun ama Ade yang nelepon, manfaatin masa diskonnya Simpati Hoki. Dan karena gerah banget, jadilah susah balik tidur. Akhirnya, nginternet deh... cek kabar terbaru dari pak Sjarif, kisah-kisah di Multiply, dan tentunya upload foto-foto yang gw post sebelum ini.

Padahal sorenya tuh dah lumayan teler karena cape di jalan. Udah lama gak maen2 ke lapangan, makanya badan rentan banget ama cape... Jadi pas nyampe kost gak banyak cingcong, langsung ke tempat tidur!

Kick-Off meeting nya rada kacau, presentasi dari rekan bisnis kita dari KL kurang dipersiapkan baik. Udah gitu, internet StarOne yang kita bawa buat demo websitenya Perpusnas ngadat, terutama karena dia cuma bisa nangkep satu sinyal. Dan sialnya lagi, website yang kita buka selalu jadi error tiap kali internet kita putus... Salahsatu "kelebihan" WinXP?

Lalu masa diskusi untuk penjelasan mengenai kuesioner yang kita sebarkan, ada satu bapak-bapak dari IPDN Cilandak yang lantas mempertanyakan mengenai kegunaan dari e-library yang kita tawarkan. Alasannya, karena mereka gak punya SDM yang cukup lantas diramalkan kalau e-library ini akan sia-sia buat diterapkan. Dia lantas meminta pihak kita (konsultan) untuk menyediakan juga tenaga webmaster.

Haaaiiiiiyaaaaaaaa ??!?!?!!! Kemane aje bang?? Tiba-tiba nyerang konsep pas proyek udah diapprove?

Anyway, bapak yang dimaksud, selama presentasi sibuk maen2 henpun PDA nya yang gak dimatiin suara "keypress" nya. Dan doi ngomong sambil silang dada, alias bahasa tubuh dari "gw bener, percuma elo ngomong apa". Makanya gw rada bete waktu dengerin hal yang dipertanyakan si bapak ini.

Padahal kalau mengacu pada TOR yang kita terima, tugas kita adalah menyiapkah software dan pelatihan, dan kitapun membatasi sampe situ. Boss gw berusaha dengan sabar dan diplomatis menjelaskan bagian tugas kita, tapi gak masuk-masuk. Debatnya rada terlalu panjang, sampe akhirnya di-cut sama bapak jagoan kita, jawara dari IPDN Jatinangor. Nge-cutnya juga sebenernya ngambang... dan jadi ada hawa2 dingin antara dua cabang bersaudara ini... Kl gw sih sebenernya dah gatel pengen berdiri dan say something, tapi gak sopan dong melangkahi boss gw... apalagi palingan gw cuma nyari masalah.... Ness... gara-gara elo nih :D... makasih yaa! :P

Tapi dari situ juga kita belajar kalau mereka ini sangat tidak siap untuk bersentuhan dengan teknologi canggih, koordinasi internal antar lembaganya buruk, banyak masalah belum settle tapi karena mengejar deadline dan batasan dari lembaga pemberi donor, they wrap things up. Sebenernyapun selain dari bapak yang tadi, sambutannya luar biasa baik, apalagi dari IPDN Jatinangor yang memang lebih siap dari sisi mindset, sdm, dan teknologi.

Tapi juga gak bisa dipungkiri sih kalau ada beberapa pihak yang malah lebih comfort dengan nunjukin negatifisme. So, instead daripada bantuin sebisanya buat make things work, golongan ini tend to menolak dari awal, sehingga pas ada masalah mereka cukup berujar "kan saya udah bilang dulu...", lantas menolak buat ikut nyari pemecahan... Kapan negara mo majunya mas?

Lantas ternyata di kelompok sebelah yang ngebahas mengenai workflow system, masalah lebih dahsyat lagi. Pak Iswan, PM kita bercerita kalau dahsyatnya, beberapa narasumber yang terlibat merasa ini bukan proyek
hasil godokan mereka jadi menolak untuk bekerjasama. Duh njirr... gak bisakah mereka sadar kalau kita ini
cuma konsultan? Debat noh atasan sendiri kalau ada masalah dengan keberadaan proyek ini in the first place! Untung jagoan wanita kita dari World Bank Jakarta, Mrs Lina Lo, ikut hadir dalam acara diskusi di
bagian ini dan membantu mencari solusi.

Pantesan aja ibu yang satu ini sering keliatan garang dan tegas, dan kadang bete... mugkin karena harus ngadepin orang macem mereka ini selama bertahun-tahun yee? Tau sendiri kan gimana betenya kalo harus
berurusan sama birokrasi pemerintah...

Tapi roti sosisnya enak sih... gw abis... hmm... enem biji apa tujuh gitu... padahal ukurannya mayan sedeng. Makan siangnya... not good... not bad... kalah ama Shangrila kecuali cheese cake nya yang nendang banget aroma kejunya.

Enaknya di perusahaan kecil... ur boss IS the most capable guy in the office, jadi gak ada istilah boss yang naek jabatan tapi skill nya teruk. So waktu ada masalah diluar dugaan macem tadi, everything is handled
allright. Boss gw juga gak sungkan2 buat bantuin Faida ngetik list yang dibutuhin oleh rapat... untung gw tau diri dan ngambil alih...

Anyway, temen2 Malaysia kitapun pulang sore hari itu juga. Entah kapan akan berjumpe lagi dengan puan Ara dan puan Noorpishah yang kocak itu... Nanti kalau mereka datang lagi, bakalan kita anterin wisata FO Bandung dengan suka hati deh.... :)

Besok? Dah ada kerjaan website menanti... (byms)

1 comment:

  1. Ini salah satu kasus klasik juga ya Bay... Terutama ketika klien tidak hanya diwakili oleh 1 orang atau 1 departemen. Bisa jadi sentimen negatif itu muncul karena ada salah satu pihak yang ngerasa nggak dilibatkan sejak awal tapi diajak hadir di rapat2 berikutnya. Seringnya, kita udah ngomongin sampe M, dia masih di A. Memang betul, itu sebenernya tugas si pemberi tugas untuk konsolidasi ke dalam. Naturally, segala sesuatu yang dimulai dengan negative thinking yaaa... menular ke mana2.

    Lebih BT lagi kalo beberapa kubu 'berantem' di depan kita. Ih! Malu2in. Hihihihi... Tapi sering banget kejadian kan? Kalo kejadian kayak gitu, biasanya kita (kantorku) 'memotong' perdebatan mereka dengan bilang "Silakan masalah tersebut dibicarakan secara internal, kami tunggu hasil reviewnya." Biasanya sih mereka nyadar trus presentasi berlanjut. :p

    'Jabatan' konsultan, khususnya di wilayah kerja seperti kita, memang seringnya masih dipandang sebelah mata. Mereka anggap itu hanya keren2an, biar lain daripada yang lain. Padahal kuncinya adalah kemitraan, bukan lagi 'majikan' dan 'pembantu'. Seperti hubungan klien dengan pengacara/dokter, mana ada sih konsultan yang niat nyelakain kliennya? :D

    Selamat kembali bekerja!

    ReplyDelete