Tuesday, February 22, 2005

Angkot Terkutuk dan Busway

Setelah ditunggu cukup lama, satu bis AC 44 jurusan Ciledug pun melintas dengan kecepatan tinggi... Ade dan saya hanya tertegun menyaksikan pemandangan ini, lalu saling berpandangan.

Sekian lama kemudian, lewat lagi satu bis yang sama, kali ini lambat. Namun karena terlihat sudah banyak orang yang berdiri, Ade lantas mengurungkan niatnya untuk naik. Terbayang dua jam berdiri di perjalanan, berdesak-desakan, bukan cara bepergian yang baik...

Setelah lama menunggu lagi, kembali lewat satu bis yang sama, kali ini dengan kecepatan yang lebih tinggi lagi. Kembali kami terbengong-bengong. Apalagi tak lama kemudian, lewat satu bis lagi, tapi kali ini di jalur cepat.

Duh gusti... semoga armada bus AC 44 segera diganti ama Trans Jakarta!!! Mereka gak mikirin buat ngelayanin penumpang, cuma kepikiran balap-balapan menuju tempat tunggu yang strategis.

Huh! Emang sih masalah perut, standar. Tapi apa ini berarti penumpang (kita) cuma dianggap sebagai duit tigaribu tigaratus rupiah sama mereka? Yang berarti kalau kelewat satu-dua penumpang di tempat sepi adalah gak masalah asalkan mereka dapet lima penumpang di tempat strategis? Koq bisnis sekali yah?

Sama seperti taksi... Saat kita butuh, urgent, lagi ujanlah atau perlu cepet lah, kadang si supir gak mau nganterin kita karena jaraknya menurut dia terlalu deket, apa gak gondok? Pura-pura mau pulang lah (padahal masih jam tujuh malem), lagi menuju kearah mana lah (macem angkot), dan alasan-alasan lain yang kita tau sebenernya cuma penolakan karena "argo" kita kecil. Dimana unsur pelayanannya ya? Buat kebanyakan supir taksi, penumpang itu ternyata cuma bernilai sebesar sekian ribu rupiah meter argo yang dihasilkan...

Beda sama taksi-taksi bonafide macem Blue Bird. Kita mo kemana pun, tetep dianterin (kadang satu-dua bandel, but minor). Dengan ngeliat keinginan mereka buat service, apa kita juga nggak nantinya saat mau jalan jauh nyari mereka juga? Atau malah teuteup milih taksi-taksi kelas rendah yang biasa milih2 penumpang?

Trus kalo naek Metromini ato Kopaja... tau gak mereka manggil calon penumpang sebagai apa?... "Sewa"... silakan terka kira-kira maknanya menjurus kemana. Kalau masih belum jelas, silakan perhatikan gimana mereka dengan bersemangat minta kita naek bisnya, tapi ngambek-ngambek kalau kita mau turun, apalagi pas lagi kebut-kebutan ama metromini satu trayek...

Mungkin dah saatnya penumpang diperlakukan lebih dari sekedar rupiah...

Hidup Busway!!!! (tapi diluar jam sibuk gitu lho) (bay)

15 comments:

  1. Iya ...Busway Masih Idupp!!!
    kendaraan dinas ku tuh :P

    ReplyDelete
  2. mass ..... ngebayangin .... bentar lagi aeroplane qta juga kayak gitu tuh ....
    rebutan landing ..... trus pilot nya pake handuq diselempangin ... rokoknya dji sam soe .... hahahahahahahahaha ..............

    ReplyDelete
  3. A HA! Betul mbong, jangan-jangan ntar ada kasus penumpang disuruh terjun aja di lokasi tujuan karena pilotnya mo ngetem di bandara laen! =D

    ReplyDelete
  4. gw juga nikmatin busway, walopun desainnya masih banyak yang asal2an....biasa, kejar target.

    ReplyDelete
  5. Halte Sarinah - Sawah Besar PP :)
    kalo pagi sih OK :)
    tapi kalo sore...wiiiiihh, untung pake AC :P

    ReplyDelete
  6. summer kemarin (jun-agustus) gw di jakarta. gw pake busway buat ngehemat biaya taksi hehehehe....lumayan kok, walopun masih ada juga orang yg nyerobot. gw yang coba antri masuk ke bis, eh malah disalib sama ibu-ibu. bisnya sih udah lumayan walopun dgn ac yang bikin masuk angin. cuma terminalnya itu tuh yang aduh desainnya ancur banget. sangat tidak nyaman dan aman. kayaknya asal dibangun aja..

    ReplyDelete
  7. Ah yaa... dinamika pulang pake busway... kl dari Sarinah mo ke Blok M biasanya gw naek yang arah berlawanan dulu sampe ke dkt Gajah Mada, then pindah bis ke yang arah Blok M. Jangan2 kita pernah se bis lho wan?

    ReplyDelete
  8. Budaya antri masih lon jalan disini so... apalagi di tempat umum macem gitu. Dan, ketambah juga, seringnya yang ngantri terlalu banyak... Coba desain halte nya dikasi ama anak DP ya? =)

    ReplyDelete
  9. sebnarnya perilaku manusia itu bisa di intervensi oleh artifak. artinya desain itu mempengaruhi cara kira bertindak. jadi desain tidak sekedar ada ada dan kelihatan cantik. ada proses pemahaman budaya dan perilaku disitu, bukan soal teknis estetis doang....

    udah ah, gw kayak kasih kuliah tinjauan desain hehehehe

    ReplyDelete
  10. Kayaknya iya Kang :P
    (*besok2 mulai perhatiin) :P
    itu emang triknya naek busway...
    sesama buswayers dilarang saling mendahului :P

    ReplyDelete
  11. betul, harus saling memutari he he he

    ReplyDelete
  12. menarik... suka nulis soal desain buat ke koran 'so?

    ReplyDelete
  13. rencananya sih begitu. mau nulis soal desain mac. tapi lagi mampet nih dgn kerjaan.

    ReplyDelete