Monday, February 21, 2005

Old Boy (Korea) - Movie Review

Rating:★★★★
Category:Movies
Genre: Drama
(Memuat spoilers, mendingan nonton aja langsung kl demen film unik dan temanya dark - adult)

Film ini gw temui gara-gara menelusuri data film dengan rating tertinggi di situs imdb.com. Film Korea ini ternyata dapet rating yang bagus bener. Nah jadilah setelah itu gw pun mencari-cari satu judul film ini dari toko ke toko dengan tekun... dan selalu gagal...

Terakhir sekitar akhir taun lalu, gw liat pilem ini di Raplas, tapi karena masih import, jadi harganya yang 20 rebu bikin gw mundur.... Kl bisa nunggu bajakan lokalnya keluar, why not?

Dan bener aja, di Ambas bbrp hari lalu, film ini muncul...

Oke, sekarang ke ceritanya... Film ini berkisah mengenai seorang pria (Oh Dae-su) yang ditawan selama 15 tahun di suatu lokasi rahasia, oleh pihak tak dikenal, dengan alasan tak diketahui. Selama ia dipenjara, isterinya dibunuh, dan ia dijebak sebagai tersangka utama. Hari-hari di penjara ini ia lalui dengan penuh keputus-asaan dan nyaris mengakibatkan kegilaan.

Sewaktu ia keluar, Dae-su mendapati dirinya dibuang disuatu atap gedung kosong, dalam sebuah koper, dan langsung berhadapan dengan seorang yang mau bunuh diri. Iapun lalu berangkat ke kota dan berusaha mencari jejak dan identitas dari orang yang bertanggung jawab atas dikurungnya ia selama 15 taun ini. Niatnya? Sudah tentu, BALAS DENDAM!

Selama pencarian dan penyelidikannya, ternyata ada seorang misterius yang terus mengawasinya, dan membantunya untuk menemukan jejak. Orang misterius ini tak lain adalah si orang yang bertanggung jawab atas pemenjaraan Dae-su. Orang inipun mengancam akan menghabisi nyawa puteri Dae-su jika Dae-su tidak berhasil membuka kedok dirinya dalam waktu lima hari.

Dimulailah petualangan Dae-su dalam mencari tokoh misterius ini, plus alasan mengapa ia sedemikian membenci Dae-Su... Jawaban yang kemudian mengarahkan ia kepada pengalamannya di masa lampau.

Film ini berakhir dengan ending yang gak keduga... dan bikin muak... muak karena koq tega2nya sih cerita begitu diangkat jadi filem?

Tapi disamping suasana dark yang menghiasi sebagian besar film, banyak kejutan di film ini, dan beberapa termasuk kategori horror... misalnya waktu Dae-su makan gurita idup-idup di restoran sushi!!! (Menurut produsernya, ada 4 gurita idup yang mati dalam proses pembuatan film ini).

Trus yang cukup mengejutkan juga adalah sadisme nya. Selain dari adegan perkelahian yang hebat (Dae-su bersenjatakan palu, melawan belasan orang), ada juga adegan cabut gigi.

So, kalo nyari film yang bisa bikin uplifting, lupakan Old Boy. Tapi kalau gemar berpetualang sensasi, silakan nonton. Tapi inget, ini film dewasa.

No comments:

Post a Comment