Wednesday, October 27, 2004

Pitch Black - movie review

Rating:★★★★
Category:Movies
Genre: Science Fiction & Fantasy
Apabila anda pernah menyaksikan film "Chronicles of Riddick", mungkin anda akan tertarik dengan film yang satu ini.

Diproduksi dengan budget rendah dibanding film sci-fi besar seperti Star Wars, "Pitch Black" menceriterakan mengenai perjalanan sebuah pesawat ruang angkasa yang terdorong keluar jalur akibat badai meteor, dan harus mendarat darurat di sebuah planet asing.

Termasuk dalam daftar penumpang yang sedang tidur suri, adalah dua orang penjelajah, seorang ayah beserta anak-anaknya yang sedang berangkat Haji (?!), serta seorang buronan sangat berbahaya bernama Riddick, dan seorang penegak hukum yang menahannya.

Pesawat yang akhirnya harus crash-landing ini hancur terpotong-potong akibat benturan sewaktu mendarat, dengan sisa beberapa bagian saja yang masih utuh. Keresahan kemudian terjadi diantara mereka yang selamat, saat mereka mendapati kurungan tempat Riddick ditahan telah... kosong.

Dimotori oleh si penegak hukum yang juga selamat dari crash-landing, sisa-sisa penumpang pesawat lalu berjuang mempertahankan diri dari ancaman Riddick, dan dari lingkungan asing yang ganas. Dataran gurun tempat mereka mendarat tidak menyediakan air yang mereka butuhkan, kadar oksigen di udara sangat tipis, sementara ketika mereka menemukan sisa-sisa ekspedisi penjelajah disana, mereka kemudian mempelajari kenyataan baru yang mengerikan...

Planet dengan tiga matahari ini ternyata menyimpan sejarah kelam yang akan berulang setiap duapuluhdua tahun. Dan hari disaat mereka harus mendarat darurat itu, adalah tepat duapuluhdua tahun semenjak manusia terakhir menghilang dari planet ini...

Setting planet yang gersang dengan matahari yang sangat terik (tiga buah!), terasa cukup meyakinkan dan membuat penonton gerah. Ketegangan-ketegangan dan keputus-asaan yang terjadi kemudian pun cukup tertangkap baik oleh kamera, Vin Diesel sebagai Riddick, berperan cukup meyakinkan dalam menjadi tokoh antagonis yang baik (proto-antagonis?), dengan kemampuan fisik luarbiasa, dan kemampuannya untuk melihat didalam gelap. Pemain-pemain lain pun berakting dengan cukup baik. Spesial efek yang dipakai pun cukup rapi dan meyakinkan, dan walaupun beberapa adegan sudah dapat ditebak hasil akhirnya, namun secara keseluruhan film "Pitch Black" berjalan dengan menarik dan menegangkan.

3 comments: