Monday, October 11, 2004

A Field Guide to the Urban Hipster - book review

Rating:★★★★
Category:Books
Genre: Reference
Author:Josh Aiello
Kemaren saya beli satu buku yang ketemu secara ngga sengaja, dalam rangka manfaatin diskon 40% off di QB World Books. Ceritanya lagi nyari-nyari buku apa lagi yang worthed buat dibeli, dengan harga yang terjangkau.

Waktu mampir ke bagian "Hobby" setelah dapet buku utama yang dicari, ketemulah ini buku yang cukup mencolok. Waktu dibuka, ternyata isinya itu semacem field guide, hanya saja yang dibahas disini bukan burung, buaya, atau hewan lainnya, melainkan beragam spesies hipster!

Dan yang lebih seru, ada banyak ilustrasi soal spesies-spesies ini, yang dikerjakan dengan ciamik oleh Matthew Schulz. Setelah menghitung harga yang lumayan wajar buat kantong (dari 140K jadi 75K), langsung aja ga pikir-pikir lagi, do'i pun masuk genggaman buat dibawa ke kasir.

Di buku ini dibahas beragam spesies hipster, mulai dari "Glam Rockers", "Punk Rockers", hingga "Starving Artist". Dan setelah ditilik, ternyata isinya ngga sekedar ocehan ngawur orang iseng, tapi studi yang cukup komprehensif soal perilaku manusia dari segi psikologis, etnologis, dan antropologis! Gile ga tuh! Hanya saja format penyajiannya penuh humor dan menghibur!

Ada satu ilustrasi dengan caption kurang lebih begini:
"spesimen uji coba menunjukkan ketertarikan yang lebih tinggi pada Tuna sandwich, dibandingkan pada naskah yang harusnya ia sempurnakan."

Dan dia bicara tentang... penulis! What a kick in the groin! he he he...

Jadinya penasaran nih, pengen tau karya-karya Josh yang laen... hmm...

No comments:

Post a Comment