Wednesday, October 27, 2004

Chronicles of Riddick - movie review

Rating:★★★★
Category:Movies
Genre: Science Fiction & Fantasy
Film ini merupakan kelanjutan dari "Pitch Black", dan masih tetap bercerita mengenai liku-liku pelarian Riddick sebagai seorang buronan yang sangat tangguh.

Kali ini Riddick berhadapan kembali dengan salah seorang yang selamat dari kisah sebelumnya di film "Pitch Black"; Imam, si orang suci yang dulu sedang dalam perjalanan ibadah Haji. Namun kali ini pertemuan mereka terjadi untuk tujuan lain. Riddick diminta untuk membantu Imam menyelamatkan dunianya dari invasi kaum Necromonger, dibawah pimpinan Lord Marshall, yang bengis. Riddick awalnya menolak karena tidak mau ambil pusing, namun Imam lalu menyindir sifat tidak mau rugi Riddick, dan menyalahkannya atas perkembangan kehidupan Kyra ("Jack" di film "Pitch Black"), seorang anak wanita yang selamat dari tragedi di film "Pitch Black", yang dulu menyamar menjadi pria dan mengidolakan Riddick.

Invasi yang terjadi kemudian berlangsung dalam skala besar, dan Riddick kesulitan menghadapi mereka namun berhasil meloloskan diri kembali. Riddik yang masih diincar oleh pemburu bayaran akhirnya kembali tertangkap dan dibawa ke penjara bawah tanah di suatu planet dengan suhu permukaan mencapai 700 derajat celcius di siang hari nya. Marshall yang geram akan Riddick lalu menyuruh Vaako, komandan kepercayaannya untuk mencari Riddick.

Vaako sendiri sebenarnya adalah orang kepercayaan Marshall yang mulai memiliki keraguan atas kepemimpinan Marshall, dan sedang merencanakan sesuatu bersama isterinya yang juga cerdik namun licik.

Riddick yang bertemu Kyra di penjara, lalu merencanakan pelarian hingga akhirnya memiliki kesempatan untuk berhadapan dengan Marshall, yang ternyata dulu membantai habis kaum Riddick karena takut akan suatu ramalan yang menyatakan ia akan mati ditangan seorang dari kaum tersebut.

Bagaimanakah akhirnya ketika Riddick harus berhadapan dengan Marshall? Kaisar Necromongers yang memiliki kemampuan setengah dewa ini?

Film ini sebenarnya berhiaskan bintang-bintang yang cukup terkenal. Selain Riddick yang diperankan oleh Vin Diesel, Vaako diperankan oleh Karl Urban yang debutnya bisa kita saksikan di film "Bourne Supremacy", dan "Lord Of The Rings". Imam sendiri diperankan oleh Keith David, yang telah bermain dalam puluhan film, diantaranya "Armageddon", dan "There's Something About Mary". Sementara Aereon diperankan oleh Judi Drench, aktris kawakan yang baru-baru ini bermain sebagai "M" dalam film James Bond.

Cerita dan aksi berlangsung menarik dan seru, walaupun kalah menegangkan dibanding "Pitch Black". Spesial efek yang dipakai pun baik dan rapi, sehingga menambah menarik film dari genre action / sci-fi ini.

1 comment: