Tuesday, July 6, 2010

Lie To Me (TV Series - 2009)


Rating:★★★★★
Category:Movies
Genre: Mystery & Suspense
Tidak bertaburan wajah-wajah yang super cute, atau karakter-karakter yang flashy, tapi bidang yang mereka tekuni membuat serial TV ini sangat menarik; micro facial expression.

Apakah itu micro facial expression? Ini adalah istilah untuk reaksi spontan dari manusia (tepatnya wajah manusia) yang sulit untuk dimanipulasi sehingga sangat efektif untuk dijadikan petunjuk mengenai berbohong atau tidaknya seseorang, atau menunjukkan perasaan seseorang itu secara umum; misalnya; dua alis terangkat bersamaan menunjukkan rasa takut, ujung bibir melengkung kebawah disertai kening berkerut menunjukkan rasa jijik, dsb. Dikaitkan dengan ilmu psikologi, dan kemampuan umum membaca body language, maka mfe ini bisa menjadi tools untuk lie detector yang ampuh.

Dengan demikian walaupun ceritanya fiksi, namun karena ilmunya sendiri nyata maka jadinya penonton bisa mendapat pelajaran berharga sambil nonton.

Dalam serial "Lie To Me" ini, alkisah Dr. Cal Lightman (Tim Roth) adalah seorang Doktor di bidang micro facial expression yang kemudian mendirikan perusahaan "The Lightman Group" yang menawarkan jasa "truth finding", alias menemukan kebenaran. Perusahaannya ini seringkali dikontrak oleh biro penegak hukum, mulai dari Kepolisian hingga FBI, untuk membantu menuntaskan kasus-kasus yang sulit mereka pecahkan.

Selain Cal, The Lightman group ini beranggotakan juga beberapa konsultan yang rata-rata memiliki pendidikan dan pengetahuan baik mengenai mfe; kecuali Lia Torres (Monica Raymund) yang diceritakan memiliki bakat langka membaca body language seseorang secara natural.

Dari episode demi episode, Lightman group dihadapkan pada aneka tantangan yang beragam, mulai dari kasus suap, pembunuhan, hingga ke terorisme. Kadang ada juga kasus yang ringan semisal calon mempelai yang berbohong. Yang menarik, usaha pencarian kebenaran ini tidak berhenti sampai tahap analisis saja, tapi melangkah lebih jauh hingga ke pemahaman sifat manusia secara lebih general.

Di Fox Channel via YesTV, serial ini baru selesai menayangkan Season Finale nya dan belum tahu kapan akan disambung lagi. Sayang banget. (bay)

18 comments:

  1. wah kalo di Indon pasti ada nakajabnya nih ...

    ReplyDelete
  2. menurut saya film ini hiperbola gaya amerika, terlalu naif untuk membuktikan seorang bersalah/berbohong dr mimik dan gerak tubuh. :D

    ReplyDelete
  3. oh begitu? terlalu naif kenapa? apakah mimik dan gerak tubuh sebenarnya tidak efektif untuk menentukan bersalah/berbohong?

    ReplyDelete
  4. Hmh... sayang disini belum nemu tempat jual DVD yang include series juga; banyaknya either box office movies atau musik doang.

    ReplyDelete
  5. untuk menjadikan seseorang sebagai tersangka pembunuhan....hanya dgn mimik memang sangat naif. Kecuali untuk menangkap basah muris SD yang nyontek mungkin lebih pas

    ReplyDelete
  6. di indonesia malah caranya lebih mudah, gak usah dilihat mimik muka/raut wajahnya. tangkep, gebukin, suruh ngaku. dapet deh pelakunya :))

    ReplyDelete
  7. hmm... sejauh ini yang saya amati dari serial ini, proses penemuan kebenaran ini lebih kepada verifikasi ya, dan sinkronisasi antara pernyataan, bukti dan fakta sebenarnya bagaimana. Misalnya ada seorang pelajar teladan mati bunuh diri, lalu dari rangkaian rekaman kesaksian saksi/tertuduh dipelajari mana yang perkataannya senada dengan body languagenya, mana yang tidak -- yang tidak senada inilah yang kemudian dapat perhatian khusus karena berarti ada fakta yang disembunyikan, dan setelah terkuak apa yang disembunyikan maka terbuka juga kenyataan baru untuk diusut lebih lanjut... bukan berbohong = pasti pembunuhnya.

    jadi penasaran... apa yang kita maksud serial yang sama ya? :D

    ReplyDelete
  8. Wow, saya juga selalu ngikutin serial ini. Sejak mulai nonton, tiba2 jadi lebih sering merhatiin ekspresi orang. Ahli MFE beneran ada dan ilmunya jg bisa dipelajari. Polisi amerika aja wajib menguasai ini. Bisa meningkatkan presentase keselamatan mereka, katanya.

    Episode yg plg saya suka di season 1 sejauh ini adlh "Blinded"

    ReplyDelete
  9. Iya, saya juga jadi Googling soal MFE ini; tapi ternyata nggak se-simple yang dibayangkan ya? Karena teuteup MFE itu cuma indikator, jadi kalau tanpa background check ya sia-sia

    ReplyDelete