Pebisnis iconic dan “Mad Man” dalam kehidupan nyata: David Ogilvy, pada 7 September 1982 mengirimkan internal memo berikut kepada semua pekerjanya, berjudul “Bagaimana Cara Menulis”:
Semakin baik anda menulis, semakin tinggi anda akan maju di Ogilvy & Mather. Orang-orang yang berpikir baik, menulis baik.Semoga bermanfaat. (byms)
Orang berpikiran bingung akan menulis memo membingungkan, surat membingungkan, dan pidato membingungkan.
Menulis baik bukanlah bakat alami. Anda harus belajar untuk menulis baik. Berikut ini 10 saran:
David
- Baca buku Roman-Raphaelson mengenai menulis. Baca tiga kali.Tulis sebagaimana anda berbicara. Alamiah.
- Gunakan kata-kata singkat, kalimat singkat, dan paragraf singkat.
- Jangan pernah gunakan kata-kata jargon seperti reconceptualize, demassification, attitudinally, judgmentally. Mereka adalah ciri utama dari seorang pembual.
- Jangan pernah menulis lebih dari dua halaman untuk subyek apapun.
- Teliti kutipan anda.
- Jangan pernah mengirimkan surat atau memo pada hari sama anda menulisnya. Bacalah keras-keras di pagi berikutnya, lalu suntinglah.
- Jika sesuatu hal itu penting, minta seorang rekan kerja untuk memperbaikinya.
- Sebelum anda mengirimkan surat atau memo anda, pastikan ia sudah dengan sangat jelas memuat apa yang anda inginkan si penerima untuk lakukan.
- Jika anda menginginkan AKSI, jangan tulis. Katakan langsung pada orang tersebut apa yang anda inginkan.
Sumber: "10 Tips on Writing from David Ogilvy", by Maria Popova
Gambar: http://10engines.blogspot.com/2010/06/fridays-are-tie-days-david-ogilvy.html
No comments:
Post a Comment